RSBM
an image

Rumah Sakit Brayat Minulya pada awal didirikan tepatnya 08 Desember tahun 1949 merupakan Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin dengan kapasitas 6 tempat tidur berlokasi di Jl. Kebalen No. 2 Solo yang dirintis dan dikelola oleh suster - suster BKK (Biarawati Karya Kesehatan).

Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya kebutuhan pelayanan kesehatan dari masyarakat yang semakin meningkat, lokasi di Jl. Kebalen 2 tidak dapat lagi menampung kegiatan yang dilakukan. Maka pada bulan Maret 1952 RS. Brayat Minulya dipindahkan ke lokasi baru di Jl. Tagore 51 - 52 Solo (kini Jl. Setiabudi 106).

Kemudian pada tahun 1956, RB Brayat Minulya mengembangkan pelayanan dengan bangsal ibu bersalin, laboratorium, dan dapur. Sedangkan bangsal perawatan pasien kanak - kanak, dilaksanakan pada yahun 1966. Sejak pemerintah mengeluarkan peraturan bahwa rumah sakit bersalin tidak boleh memberikan pelayanan kesehatan yang lain seperti poliklinik dan perawatan anak, peraturan tersebut menghadapkan RS. Brayat Minulya pada dua pilihan yang sama - sama membawa resiko. Tetap sebagai Rumah Sakit Bersalin atau menjadi Rumah Sakit Umum Tipe D dengan menambah fasilitas kamar bedah dan Rontgen. Setelah melalui pemikiran yang matang, akhirnya diputuskan menjadi Rumah Sakit Umum (SK Menkes No. 539/ Yankes/RS/1983) dengan kapasitas 60 tempat tidur, namun demikian dalam jangka waktu 5 tahun harus memenuhi persyaratan yang ditentukan (fasilitas kamar bedah dan rontgen). Apabila tidak dapat memenuhi, maka SK ijin tersebut akan dicabut.

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, serta karena keterbatasan tenaga sekaligus arah pengutusan tarekat BKK dengan memberikan pelayanan kesehatan melalui institusi, mendorong para anggota BKK untuk mengembangkan cara pelayanan kesehatan yang lain yang lebih memasyarakat. Akhirnya pimpinan rumah sakit dan para suster BKK memutuskan untuk menyerahkan pengelolaan RS Brayat Minulya ke pengelola yang lain. Pada 22 Februari 1989, secara resmi RS. Brayat Minulya diserahkan ke pengelola yang baru yaitu perkumpulan Suster - Suster Santo Fransiskus (OSF) Semarang.
an image
Waktu Berkunjung

Jam Kunjung Pasien

Pagi : 10:00 s/d 12:00

Sore : 17:00 s.d 19:00

Poliklinik Umum & Gigi

Jadwal Layanan

Senin s/d Sabtu

07:00 s/d 13:00

Minggu dan hari besar TUTUP

Periksa Hamil

Jadwal Layanan

Senin s/d Sabtu

07:00 s/d 12:00

Imunisasi

Jadwal Layanan

BCG :
Senin III Pkl. 10.00 s/d 12.00

Campak :
Kamis III Pkl. 07:00 s/d 12.00