RSBM
an image
Pola makan merupakan salah satu indikator penting yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika pola makan sehari-hari tidak sehat maka dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit, baik yang ringan maupun yang berbahaya.
Sebagian besar masyarakat awam telah mengerti bahwa penderita Diabetes Mellitus harus menghindari semua makanan yang mengandung gula sederhana seperti gula pasir, sirup, madu, dan semua makanan olahan yang terbuat dari gula-gula tersebut. Tidak hanya jenis makanan manis yang perlu dihindari tetapi juga makanan-makanan berat, terutama jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Seperti kita ketahui bahwa makanan yang mengandung karbohidrat merupakan sumber tenaga namun banyak mengandung kalori yang memberikan sumbangan terhadap meningkatnya gula darah.
Proses pegobatan penyakit Diabetes Mellitus selain dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat baik kimia maupun herbal, faktor makanan juga sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan penyakit ini. Untuk itu para penderita Diabetes, mau tidak mau harus menjalani pola makan dengan benar yang disesuaikan untuk penderita Diabetes.
Selain beberapa jenis makanan di atas, berikut ini jenis makanan atau kebiasaan yang sebaiknya dihindari :
1. Mie, Spagheti dan Roti : Makanan yang terbuat dari tepung gandum dan tepung beras ini mengandung banyak karbohidrat dan beresiko meningkatkan kadar gula darah. Mengkonsumsi makanan ini harus berdasarkan anjuran dokter atau ahli gizi.
2. Minuman Manis : Segelas minuman manis seperti teh manis mengandung 250-300 kalori (tergantung dari jenis kepekatan).
3. Gorengan atau makanan yang digoreng : Makanan gorengan merupakan salah satu faktor timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti kardiovaskuler, stroke, dan Diabetes Mellitus.
4. Rokok : Sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita menemukan bahwa resiko perokok aktif terhadap Diabetes naik sebesar 22 %. Biasanya diikuti dengan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.
5. Kafein : Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein memiliki dampak negatif pada penderita Diabetes mellitus, maka sangat dianjurkan untuk dihindari.

Berikut beberapa makanan paling sehat untuk penderita Diabetes Mellitus :
1. Kacang Polong : Kacang polong mengandung serat yang tinggi. Serat merupakan komponen tumbuhan yang membuat kita kenyang, menstabilkan gula darah, dan bahkan menurunkan kolesterol. Kacang polong juga mengandung kalsium dan mineral yang terbukti membantu membakar lemak tubuh.
2. Susu : Segala produk susu, seperti susu, keju dan yoghurt, kaya kalsium dan vitamin D. Sebuah studi menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi lebih dari 800 internasional unit (IU) vitamin D sehari berisiko 33 % lebih rendah menderita diabetes dibanding mereka yang mengonsumsi kedua nutrisi ini dalam jumlah kurang. Tetapi pastikan kita memilih susu yang rendah lemak.
3. Salmon : Salmon kaya asam lemak omega-3. Tiga Ons Salmon menyediakan sekitar 1.800 mg omega-3. Jenis lemak sehat ini berfungsi mengurangi resiko jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insulin. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin D.
4. Oats : Oats juga kaya akan serat. Setengah cangkir oats instan menyumbangkan 4 gram serat. Kandungan serat dalam oats memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Karena itu, kadar gula darah akan tetap stabil.
5. Biji Rami : Biji rami kaya akan serat dan alpha-linolenic acid (ALA), yang akan diubah tubuh menjadi omega-3 EPA dan DHA. Biji kecil ini dinyatakan dapat menurunkan gula darah dan kadar kolesterol.
6. Kenari : Satu ons kacang sehat ini (sekitar tujuh biji) mengandung 2 gram serat dan 2,6 gram ALA, dan juga menyumbangkan 185 kalori sehingga juga perlu diperhatikan jumlah asupan yang digunakan.
7. Selai Kacang : Beberapa studi telah menyatakan bahwa selai kacang bisa mengurangi resiko diabetes. Kandungan serat didalamnya turut berperan dalam penurunan resiko Diabetes. Tetapi karena selai kacang juga mengadung kalori yang tinggi sehingga perlu diperhatikan jumlah asupannya.
8. Cokelat Hitam (Dark Chocolate) : Cokelat ini kaya akan antioksidan Flavonoid yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan darah.
Pada prisipnya penderita Diabetes harus pintar menjaga pola makan dengan mengacu pada "3 J" yaitu Jam, Jenis dan Jumlah. Berdasarkan 3 acuan ini maka dapat dilihat bahwa pada penderita Diabetes harus memperhatikan jam-jam makan yang diperbolehkan dengan 3 kali makan utama yaitu pagi (sarapan), siang dan malam, dan 3 kali selingan (snack) yaitu selingan pagi , selingan siang dan selingan malam atau sebelum tidur dengan rentang waktu yang telah ditentukan. Dari jam makan yang telah ditentukan kemudian kita melihat jenis-jenis makanan apa saja yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan sepeti beberapa yang telah kita bahas di atas. Kemudian yang terakhir, setelah kita mengetahui jam-jam makan yang diperbolehkan dan jenis makanan yang diperbolehkan, kita lihat jumlah makanan yang diperbolehkan. Karena dari beberapa makanan yang tidak diperbolehkan atau makanan yang diperbolehkan tetap harus dikurangi, kita harus mengetahui jumlah takaran/jumlah porsi yang akan kita konsumsi. Untuk jumlah takaran yang diperbolehkan harus sesuai dengan anjuran dokter atau ahli gizi.