RSBM

Perjalanan RS Brayat Minulya memasuki usia yang ke 64 tahun pada tahun 2013 yang akan datang. Selama masa perjalanan dalam kurun waktu tersebut RS Brayat Minulya banyak mengalami pasang surut dalam dunia kesehatan. Pengalaman tersebut menjadi tonggak dan pembelajaran untuk terus maju menapaki perjalanan ke depan dengan optimis karena dukungan dari berbagai pihak baik dari dalam maupun dari luar RS Brayat Minulya, serta keterlibatan dari masyarakat sekitar.

Dalam rangka Ulang Tahun RS Brayat Minulya yang ke 63 dan menyambut tahun yubileum RS Brayat Minulya yang ke 64, Tim Baksos mengadakan berbagai kegiatan sosial, salah satunya adalah pengobatan gratis bagi masyarakat umum di daerah Gemolong, Sragen. Pertimbangan mengapa mengambil tempat di Gemolong adalah berdasarkan permintaan dari pastor paroki di Gemolong sekitar bulan April 2012 yang lalu. Selain itu, juga sebagai ungkapan terimakasih dari RS Brayat Minulya terhadap masyarakat Gemolong yang selama ini telah mempercayakan pelayanan kesehatannya kepada RS Brayat Minulya. Dengan kegiatan ini, diharapkan hubungan baik antara Rumah Sakit dan masyarakat semakin meningkat

Kegiatan baksos dilaksanakan pada Minggu, 16 Desember 2012 bertempat di halaman belakang Gereja St Petrus Gemolong seusai misa Adven ke 3 sekitar pukul 08.30 WIB. Bentuk kegiatan baksos ini berupa pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemberian obat untuk selama waktu 3 sampai 5 hari.

Rombongan petugas baksos berangkat dari RS Brayat Minulya pada pk 07.00. Sampai di lokasi sekitar pk 08.00. Setiba di lokasi tersebut, Tim baksos memulai dengan persiapan tempat, peralatan, dan segala kelengkapan lainnya. Tahap tahap kegiatan dimulai dengan pengambilan nomor urut pendaftaran, Pengukuran tekanan darah, penimbangan berat badan, pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemberian obat. Jumlah tenaga dokter ada 4 orang , dr Gunawan, dr Cahyo, dr Joko, dan dr pensiun yang masih ingin terlibat yaitu dr Rob .
Jumlah pasien yang datang sekitar 90 orang, didominasi oleh pasien dewasa dan lansia. Hanya beberapa pasien anak- anak. Pasien yang datang tidak hanya dari kalangan umat gereja, tetapi juga dari orang-orang yang selesai belanja di pasar, dan masyarakat umum dari daerah sekitar. Mereka mendapatkan pelayanan dari para petugas baksos. Pelayanan selesai pada pk 11.00, karena sudah tidak ada yang datang untuk berobat, kami menutup kegiatan tersebut dengan makan siang sederhana. Setelah itu sambutan dari umat yang diwakili oleh Romo Maradyo selaku Pastor paroki di Gemolong, dan Dr. Gunawan sebagai wakil dari RS Brayat Minulya.

Semoga kegiatan ini mampu menjadi sarana penyalur berkat bagi orang-orang di sekitar yang membutuhkan pertolongan. Tak lupa kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas bantuan dari para donator dan berbagai pihak yang dengan caranya masing-masing telah memberikan dukungannya baik material, maupun spiritual, sehingga kegiatan bakti sosial ini berjalan dengan baik dan lancar, semoga Tuhan memberkati kita semua.